Minggu, 10 Februari 2019

Tekanan kompresi pada mesin memiliki tugas penting bagi mesin yang menggunakan metode pembakaran dalam (Internal combustion engine) menyerupai yang banyak dipakai pada mobil-mobil masa kini.


Ya, tanpa adanya tekanan kompresi, adonan udara dan materi bakar tidak sanggup menciptakan pembakaran yang bagus sehingga tenaga mesin juga tidak optimal. Tekanan kompresi memiliki ambang batas bawah dan ambang batas atas, baik pada kendaraan beroda empat untuk mesin bensin ataupun untuk kendaraan beroda empat dengan mesin diesel.

Tekanan kompresi pada mesin memiliki tugas penting bagi mesin yang menggunakan metode pemb Penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin

Tekanan kompresi yang rendah sanggup menyebabkan duduk kendala mesin (baca: 5 Akibat tekanan kompresi rendah pada mobil ), Begitu pula sebaliknya, tekanan tinggi juga sanggup berakibat buruk bagi mesin menyerupai mesin tidak bertenaga, ngelitik / knocking, hingga boros materi bakar.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan membuatkan warta duduk kendala kendaraan beroda empat mengenai penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin. Simak infonya dibawah berikut ini.


1. Penumpukan kerak pada ruang bakar dan piston head


Penumpukan kerak pada ruang bakar dan piston head (kepala piston) merupakan penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin yang memag terjadi secara alami. Penumpukan kerak di ruang bakar pasti saja akan terjadi sekalipun mesin dalam keadaan normal.

Ya, tekanan kompresi tinggi umumnya diawali dari keausan pada komponen mesin yang berafiliasi dengan tekanan kompresi. Seperti umpamanya keausan pada ring piston, dinding silinder, valve beserta sealnya, dan lain-lain.

Akibatnya oli mesin dengan gampangnya menyusup masuk ke ruang bakar sehingga ikut terbakar di saat langkah kerja mesin terjadi. Oli yang terbakar tidak sepenuhnya terbakar dan akan meninggalkan residu serta tumpukan karbon sisa gas pembakaran yang melekat di seluruh serpihan dalam ruang bakar.

Tumpukan karbon ini kian usang akan kian banyak dan kian mengeras, bahkan cukup tebal dan menutupi serpihan atas dari kepala piston (piston head), sehingga lambat laun akan memperkecil volume ruang bakar yang efeknya jelas, akan meningkatan tekanan kompresi.


2. Cylinder head pernah di selip (bubut) melampaui batas ketebalan


Penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin yang selanjutnya merupakan respon cylinder head pernah di selip (bubut) yang melampaui batas optimal ketebalan yang diperbolehlan untuk pembubutan permukaan cylinder head. Kondisi ini umumnya terjadi di saat mesin pernah mengalami kebengkokan cylinder head respon overheat.

Ya, di saat mesin mengalami overheat (mogok respon kepanasan) umunnya kerap menciptakan permukaan cylinder head melengkung, bahkan pada beberapa musibah ada yang hingga menciptakan camshaft macet dan patah.

Salah satu penyelesaian lazim yang kerap dijalankan untuk mengurangi ongkos perbaikan merupakan dengan menjalankan selip (bubut) pada permukaan cylinder head. Meskipun dengan bubut ini sanggup mengakhiri duduk kendala overheat, tetapi acap kali juga akan timbul duduk kendala selanjutnya yakni tekanan kompresi mesin menjadi lebih tinggi.

Ya, menjalankan bubut pada permukaan cylinder head terang akan mengurangi ketinggian dan posisi ruang bakar kepada kepala piston. Disinilah hasilnya terjadi penurunan volume ruang bakar secara menyeluruh sehingga akan mengembangkan tekanan kompresi pada mesin dan menciptakan tekanan kompresi menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca juga :


3. Menggunakan gasket cylinder head yang tipis (tidak sesuai spesifikasi)


Selain respon di bubut, penyebab tekanan kompresi tinggi pada mesin juga sanggup diakibatkan oleh penggunaan gasket cylinder head yang lebih tipis dari pada gasket yang semestinya digunakan.

Hal ini sanggup terjadi pada mesin-mesin diesel, dimana dalam menyeleksi ketebalan gasket cylinder head kita perlu mengukur piston projection (ketinggian kepala piston di saat TMA dengan permukaan cylinder blok)

Ketika terjadi kesalahan dalam menyeleksi berapa ketebalan gasket cylinder head yang dibutuhkan, maka keadaan ini akan menyebabkan pergantian pada tekanan kompresi mesin, salah satunya merupakan tekanan kompresi tinggi yang terjadi respon gasket cylinder head terlalu tipis.

Artikel ini diarsipkan pada klasifikasi : Masalah-Mobil Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/


EmoticonEmoticon