Cara Kerja Pompa Materi Bakar Mekanik - Jika pada postingan sebelumnya kita telah membahas wacana bagian-bagian pompa materi bakar mekanik beserta fungsinya , maka pada postingan kita kali ini ombro akan kembali melanjutkan pembahasan wacana cara kerja pompa materi bakar mekanik.
Perlu diketahui bahwa pada pompa materi bakar mekanik terdapat tiga ruangan terpisah yakni ruang hisap, ruang diafragma, dan ruang keluar. Masing-masing ruang terhubung dengan katup katup yang dinamakan katup inlet dan outlet. Sedangkan ruang difragma berfungsi selaku ruang untuk bikin tekanan materi bakar.
Simak cara kerja pompa materi bakar mekanik menyerupai pada klarifikasi dibawah berikut...
Langkah hisap yakni langkah memasukkan materi bakar ke dalam ruang diafragma lewat katup inlet. Langkah hisap akan terjadi disaat rocker arm ditekan oleh nok camshaft sehingga menyebabkan rocker arm menawan pull rod ke bawah yang juga menyebabkan diafragma kesengsem ke bawah. Saat diafragma kesengsem ke bawah, ruangan diafragma ini akan menjadi hampa.
Putaran camshaft yang terus menerus karenanya bikin kehampaan dan kevakuman dalam ruang diafragma sehingga materi bakar akan terhisap masuk kedalam ruang tersebut lewat katup inlet.
Kekuatan pegas yang ada pada katup inlet dikalahkan oleh kekuatan pedoman materi bakar sehingga katup inlet akan terbuka. Disaat yang sama, katup outlet akan menutup rapat sehingga tidak terjadi kebocoran dalam ruang diafragma. Disaat langkah inilah materi bakar akan mengalir dari tangki materi bakar menuju ke fuel filter kemudian masuk ke dalam ruang diafragma.
Langkah tekan / pompa (discharge) yakni langkah dimana materi bakar dipompa keluar dari ruang diafragma menuju ke karburator. Langkah ini akan terjadi di saat rocker arm dalam posisi tidak ditekan oleh nok camshaft sehingga pegas yang ada di diafragma akan mendorong seluruh materi bakar ke atas sehingga tercipta tekanan. Tekanan yang ada di saat pompa menekan sekitar 0,2 s/d 0,3 kg/cm2.
Saat tekanan terjadi di ruang diafragma, katup inlet akan tertutup rapat sedangkan katup outlet akan terbuka alasannya kekuatan pegas dikalahkan oleh tekanan materi bakar. Dengan terbukanya katup outlet, maka materi bakar akan mengalir keluar menuju ke karburator.
Baca juga :
Selain langkah hisap dan langkah tekan, pada pompa materi bakar mekanik diberikan suatu langkah pengatur idling yang berfungsi untuk menangkal pedoman materi bakar yang berlebihan ke karburator. Jika karburator keistimewaan materi bakar, maka akan membuat boros materi bakar serta mesin sulit hidup. Oleh alasannya itu pada pompa materi bakar mekanik terdapat langkah pengatur idling.
Langka pengatur idling ini akan melakukan pekerjaan di saat materi bakar yang menuju karburator telah penuh. Dalam keadaan ini tekanan dalam jalan masuk outlet akan sama dengan tekanan pada ruang diafragma. Karena tekanan sama , maka pegas diafragma tidak sanggup menekan materi bakar sehingga tidak ada pedoman materi bakar dari pompa materi bakar.
Pada keadaan ini, pull rod akan terdorong ke bawah sehingga terbebas dari gerakan rocker arm. Jadi, walaupun rocker arm bergerak naik turun tetapi pegas diafragma tidak akan mendorong materi bakar keluar sehingga pompa tidak akan melakukan pekerjaan dan di sekarang ini pompa materi bakar mekanik akan masuk ke dalam langkah pengatur hasil idling. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Pompa materi bakar mekanik berfungsi untuk menghisap materi bakar dari dalam tangki materi bakar untuk dipompa dan dialirkan menuju ke karburator. Pompa materi bakar mekanik melakukan pekerjaan secara mekanikal, yakni mempergunakan gerakan naik turun rocker arm yang diputar oleh camshaft yang mengikuti putaran mesin.
Perlu diketahui bahwa pada pompa materi bakar mekanik terdapat tiga ruangan terpisah yakni ruang hisap, ruang diafragma, dan ruang keluar. Masing-masing ruang terhubung dengan katup katup yang dinamakan katup inlet dan outlet. Sedangkan ruang difragma berfungsi selaku ruang untuk bikin tekanan materi bakar.
Simak cara kerja pompa materi bakar mekanik menyerupai pada klarifikasi dibawah berikut...
Langkah hisap (Suction)
Langkah hisap yakni langkah memasukkan materi bakar ke dalam ruang diafragma lewat katup inlet. Langkah hisap akan terjadi disaat rocker arm ditekan oleh nok camshaft sehingga menyebabkan rocker arm menawan pull rod ke bawah yang juga menyebabkan diafragma kesengsem ke bawah. Saat diafragma kesengsem ke bawah, ruangan diafragma ini akan menjadi hampa.
Putaran camshaft yang terus menerus karenanya bikin kehampaan dan kevakuman dalam ruang diafragma sehingga materi bakar akan terhisap masuk kedalam ruang tersebut lewat katup inlet.
Kekuatan pegas yang ada pada katup inlet dikalahkan oleh kekuatan pedoman materi bakar sehingga katup inlet akan terbuka. Disaat yang sama, katup outlet akan menutup rapat sehingga tidak terjadi kebocoran dalam ruang diafragma. Disaat langkah inilah materi bakar akan mengalir dari tangki materi bakar menuju ke fuel filter kemudian masuk ke dalam ruang diafragma.
Langkah tekan (Discharge)
Langkah tekan / pompa (discharge) yakni langkah dimana materi bakar dipompa keluar dari ruang diafragma menuju ke karburator. Langkah ini akan terjadi di saat rocker arm dalam posisi tidak ditekan oleh nok camshaft sehingga pegas yang ada di diafragma akan mendorong seluruh materi bakar ke atas sehingga tercipta tekanan. Tekanan yang ada di saat pompa menekan sekitar 0,2 s/d 0,3 kg/cm2.
Saat tekanan terjadi di ruang diafragma, katup inlet akan tertutup rapat sedangkan katup outlet akan terbuka alasannya kekuatan pegas dikalahkan oleh tekanan materi bakar. Dengan terbukanya katup outlet, maka materi bakar akan mengalir keluar menuju ke karburator.
Baca juga :
- Komponen tata cara materi bakar bensin dan fungsinya pada kendaraan beroda empat karburator
- Cara mengenali pompa bensin rusak
- Gejala fuel pump lemah
Langkah pengatur hasil idling
Selain langkah hisap dan langkah tekan, pada pompa materi bakar mekanik diberikan suatu langkah pengatur idling yang berfungsi untuk menangkal pedoman materi bakar yang berlebihan ke karburator. Jika karburator keistimewaan materi bakar, maka akan membuat boros materi bakar serta mesin sulit hidup. Oleh alasannya itu pada pompa materi bakar mekanik terdapat langkah pengatur idling.
Langka pengatur idling ini akan melakukan pekerjaan di saat materi bakar yang menuju karburator telah penuh. Dalam keadaan ini tekanan dalam jalan masuk outlet akan sama dengan tekanan pada ruang diafragma. Karena tekanan sama , maka pegas diafragma tidak sanggup menekan materi bakar sehingga tidak ada pedoman materi bakar dari pompa materi bakar.
Pada keadaan ini, pull rod akan terdorong ke bawah sehingga terbebas dari gerakan rocker arm. Jadi, walaupun rocker arm bergerak naik turun tetapi pegas diafragma tidak akan mendorong materi bakar keluar sehingga pompa tidak akan melakukan pekerjaan dan di sekarang ini pompa materi bakar mekanik akan masuk ke dalam langkah pengatur hasil idling. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
EmoticonEmoticon