Senin, 15 Mei 2017

Ciri-Ciri Master Kopling Atas Rusak - Master kopling atas ialah satu unsur yang terdapat pada clutch system (sistem kopling ) mobil. Master kopling atas ini juga dimengerti dengan istilah master clutch. Fungsi master kopling atas yakni untuk merubah tekanan mekanis dari pedal kopling menjadi tekanan hidrolik untuk dialirkan menuju ke master kopling bawah (power clutch).


Jadi, master clutch ini akan merubah tekanan pedal kopling yang dilaksanakan oleh kaki pengemudi menjadi tekanan hidrolik yang disalurkan lewat pipa hidrolik dan digunakan untuk mendorong clutch cover sehingga kampas kopling terbebas dari putaran mesin.

Master kopling atas ialah satu unsur yang terdapat pada clutch system  Ciri-ciri master kopling atas rusak

Dalam penggunaannya, master kopling atas juga membutuhan perawatan dan investigasi secara berkala, khususnya untuk penggantian minyak kopling. Jika perawatan dan penggantian minyak kopling ini diabaikan maka akan berefek pada kerusakan master kopling atas, dan pasti saja akan mengusik kinerja clutch system secara keseluruhan.

Nah pada postingan kali ini, ombro akan membuatkan info seputar permasalahan kendaraan beroda empat wacana ciri-ciri master kopling atas rusak. Simak ciri-ciri master kopling atas rusak dibawah ini...

I. Gejala pada kendaraan beroda empat ketika master kopling atas rusak


Secara umum, master kopling atas rusak akan memiliki tanda-tanda yang sanggup eksklusif terasa ketika kita mengemudi atau ketika kita akan mengawali mengemudikan kendaraan beroda empat tersebut. Berikut beberapa tanda-tanda pada kendaraan beroda empat ketika master kopling atas rusak.

A. Pedal kopling ngempos dan tidak mau balik ketika ditekan

Hal pertama yang sanggup menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak yakni pedal kopling ngempos dan tidak mau balik ketika ditekan. Anda akan mencicipi tidak adanya tekanan dan perlawanan yang lazimnya terjadi pada ketika menekan pedal kopling.

Bahkan pada tata cara pedal kopling di kendaraan beroda empat tertentu, pedal kopling tidak lagi naik kembali ke atas dan tetap jeblos dibawah setelah diinjak penuh. Umumnya, keadaan ini terjadi akhir minyak kopling yang habis sehingga tidak ada tekanan balik yang mau mendorong pedal untuk kembali naik.


B. Susah pindah gigi persneling

Seiring dengan pedal kopling yang ngempos dan tidak mau balik ini, hal selanjutnya yang sanggup menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak yakni ketika sukar pindah gigi persneling utamanya ketika keadaan mesin hidup.

Saat master kopling atas rusak, tekanan hidrolik yang dibutuhkan untuk menekan clutch cover mudah-mudahan kampas kopling terbebas dari putaran mesin sudah tidak lagi tersedia. Hal ini memicu ajaran tenaga putar dari mesin ke transmisi menjadi tidak terputus. Kondisi ini pasti saja akan menghasilkan kita sukar menggeser gigi persneling.

Baca juga :


II. Ciri-ciri master kopling atas rusak di lihat secara fisik


Master kopling atas yang rusak pastinya memilki ciri-ciri fisik yang sanggup dilihat baik sebelum dibongkar dan setelah pembongkaran. Untuk ciri-ciri yang terlihat sebelum pembongkaran yakni adanya rembesan minyak kopling yang terlihat di seluruh tubuh master kopling atas. Dibawah berikut ialah ciri-ciri master kopling atas yang sanggup dilihat secara fisik.

A. Seal master kopling atas rusak dan bocor

Ciri fisik yang sanggup menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak yakni ketika seal master kopling ini sudah bocor atau jebol. Tanda yang paling gampang terlihat ketika seal master kopling atas jebol yakni adanya rembesan minyak kopling di sekeliling tabung master kopling. Selain itu, jumlah minyak kopling pada tabung reservoir akan menyusut atau habis.

Untuk memutuskan seal master kopling atas bocor ini pastinya dibutuhkan pembongkaran master kopling atas. Jika sudah di bongkar, biasaya seal master kopling bentuknya sudah tidak lagi mengembang, melainkan terlihat mengerucut serta pada belahan yang bergesekan dengan dinding tabung master kopling akan terlihat aus dan terkikis.

Jika keadaan kerusakan yang terjadi pada master kopling atas ini cuma sebatas pada sealnya saja, maka kita masih sanggup memperbaiki master kopling atas ini dengan merubah sealnya saja.


B. Dinding dalam tabung master kopling atas rusak

Hal selanjutnya yang menjelaskan master kopling atas rusak yakni ketika dinding dalam tabung sudah mengalami goresan,guratan, atau terkikis akhir karat. Penyebab kerusakan yang terjadi pada dinding tabung master kopling ini lazimnya terjadi akhir beberapa hal seumpama dibawah berikut:
  • Minyak kopling berlumpur akhir tidak pernah dikuras dan diganti
  • Umur pakai master kopling atas sudah terlalu usang sehingga terkikis dan aus.

Ketika dinding dalam tabung master kopling atas sudah terkikis dan aus maka hal ini menghasilkan penyekatan minyak kopling yang dilaksanakan oleh seal master kopling menjadi tidak berkhasiat walaupun seal dalam keadaan baru.

Jika keadaan dinding dalam tabung master silinder sudah rusak seumpama ini, maka penyelesaian yang terbaik yakni dengan merubah master kopling atas secara komplit. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/


EmoticonEmoticon