Senin, 15 Mei 2017

3 Macam Lem Gasket Terbaik Untuk Perbaikan Mesin Mobil - Lem gasket atau dimengerti dengan istilah gasket cair, FIPG (Form In Place Gasket), liquid gasket, dan lain-lain, ialah material cair yang hendak mengental dan keras setelah dipakai untuk menangkal kebocoran selama rentang waktu tertentu. Biasanya, dipakai pada dua pecahan yang hendak akan disatukan dengan tujuan agar tidak terjadi kebocoran dari pecahan tersebut.

Oleh karenanya, lem gasket mesti tahan kepada pergantian suhu mesin serta tahan kepada tekanan yang terjadi di dalamnya.

Jumlah dan jenis dari lem gasket ini sangatlah beragam, baik mereknya, warnanya, fungsinya, serta kegunaannya. Ya, untuk penggunaan lem gasket ini memiliki kesanggupan yang berlainan beda , ada yang tahan panas ada yang tidak, ada yang warna merah, hitam, dan ada juga yang berwarna abu-abu.


Jika lem gasket ini dikaitkan dengan bidang otomotif kendaraan beroda empat menyerupai penggunaannya pada dikala perbaikan mesin, maka secara biasa ada 3 jenis lem gasket yang paling kerap digunakan. Berikut yakni 3 macam lem gasket yang manis dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat menurut pengalaman yang sudah ombro ketahui, simak infonya dibawah ini...

1. Lem merah (Threebond High Temp RTV Silicone No.2 Red)


Lem gasket cair terbaik pertama yang biasa dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat yakni Lem merah. Merek lem merah ini ada bermacam-macam jumlahnya, tetapi yang paling biasa dan yang paling banyak dipakai yakni Threebond High Temp Silicone No.2 Red.

Lem gasket atau dimengerti  dengan istilah gasket cair 3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Lem gasket jenis ini dimengerti dengan istilah lem merah sebab pasta / gasket yang dipakai berwarna merah. Selain berwarna merah, tekstur dari lem ini sedikit lebih kental sehingga tidak gampang mencair dikala digunakan, disamping itu lem ini tidak berbau menyengat menyerupai cuka. Setelah lem gasket ini kering total, lem gasket ini akan bermetamorfosis kenyal.

Lem merah memiliki kesanggupan untuk dipakai pada komponen yang memiliki temperatur tinggi tergolong untuk menangkal kebocoran air dan minyak pelumas. Untuk penggunaannya, fungsi lem merah ini lebih banyak dipakai pada perbaikan mesin yang menyangkut cooling system (sistem pendingin) mesin atau yang berafiliasi dengan air, contohnya:
  • Digunakan untuk merekatkan selang-selang radiator
  • Digunakan untuk merekatkan waterpipe dengan waterpump
  • Digunakan untuk merekatkan waterpump ke blok mesin
  • Digunakan untuk merekatkan casing epilog thermostat

Meskipun lebih banyak dipakai pada metode pendingin, lem merah ini juga kerap dipakai pada oil pan (carter oli) utamanya untuk mesin-mesin yang blok mesinnya masih yang dibikin dari materi cast iron (besi campuran).

Berdasarkan pengalaman yang ombro alami, lem gasket versi ini kurang cocok untuk dipakai pada komponen-komponen yang yang dibikin dari materi alumunium alloy yang melindungi kebocoran ATF (oli matic) menyerupai pada casing torcon di transmisi otomatis atau pada carter oli transmisi otomatis.


2. Lem abu-abu (ThreeBond 1215)


Lem gasket cair terbaik selanjutnya yang biasa dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat yakni lem abu-abu. Untuk lem abu-abu ini ada dua merek yang familiar ombro gunakan yaitu, Threebond High Temp RTV Silicone No.1 Grey dan ThreeBond 1215. Namun dari kedua merek tadi, ThreeBond 1215 yakni lem gasket pilihan.

Lem gasket atau dimengerti  dengan istilah gasket cair 3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Disebut lem abu-abu sebab lem gasket ini berwarna abu-abu. Teksturnya tidak kenyal dan condong lebih cair jikalau ketimbang lem merah. Selain itu, lem abu-abu ini memiliki tingkat perekatan yang lebih baik. Untuk penggunaannya, lem abu-abu ini lebih cocok dipakai pada bagian-bagian mesin yang berbahan alumunium alloy, contohnya:
  • Digunakan untuk merekatkan oil pan ke blok mesin berbahan alumunium alloy
  • Digunakan untuk merekatkan casing cover timing chain
  • Digunakan untuk merekatkan casing rear engine oil seal
  • Digunakan untuk merekatkan casing front engine oil seal

Pada beberapa penggunaan, lem gasket abu-abu ini juga kerap dipakai untuk penyekatan di komponen transmisi otomatis menyerupai pada casing depan epilog torcon atau pada pecahan belakang casing transmisi.

Berdasarkan pengalaman ombro, lem abu-abu ini kurang cocok dipakai untuk merekatkan oil pan ke blok mesin yang berbahan cast iron (besi campuran) sebab lem gasket ini sifatnya lebih cair sehingga lebih tipis dan lebih gampang mengalami kebocoran jikalau dipakai untuk menyekat oil pan mesin.

Baca juga :


3. Lem Indian (Permatex Indian Head Gasket Shellac Compound)


Lem gasket cair terbaik selanjutnya yang biasa dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat yakni lem indian. Dikenal dengan lem indian sebab prioduk yang tenar untuk lem gasket ini terdapat gambar kepala orang indian dengan goresan pena INDIAN HEAD. Sebenarnya, nama lem gasket ini yakni GASKET SHELLAC, dan untuk merknya sendiri ada yang bergambar kepala singa, kepala elang, atau cuma goresan pena gasket shellac.

Lem gasket atau dimengerti  dengan istilah gasket cair 3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Kegunaan lem gasket shellac ini yakni untuk melapisi gasket perpak blok mesin (gasket cylinder head) agar terhindar dari kebocoran oli, udara, ataupun air. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan lem gasket shellac ini di seluruh permukaan cylinder head gasket sebelum dipasang ke blok mesin.

Gasket shellac ini seringnya dipakai di saat mesin mengalami perkara kembali dan perlu dijalankan pembongkaran ulang. Untuk meminimalisir ongkos pembelian gasket perpak yang baru, maka gasket shellac ini kerap dijadikan penyelesaian agar terhindar dari kebocoran yang terjadi pada gasket perpak yang dipasang.

Meskipun begitu, dikala pemasangan permulaan cylinder head gasket ini (baik yang versi asbes atau versi plat seng), kita mesti tetap mengacu pada buku bimbingan service masing-masing kendaraan sebab banyak pabrikan yang tidak mengusulkan penggunaan gasket shellac ini dikala pemasangan cylinder head gasket.

Demikianlah postingan ihwal 3 macam lem gasket yang manis dipakai untuk perbaikan mesin kendaraan beroda empat ini bisa ombro sampaikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/


EmoticonEmoticon