Cara Cek Kebocoran Arus Aki Mobil - Masalah aki tekor dan soak memang tidak hanya sebatas pada metode pengisian aki serta mutu aki yang jelek saja, tetapi juga dapat di sebabkan oleh adanya kebocoran arus aki yang terjadi pada sirkuit kelistrikan di mobil.
Salah satu pola kasusnya merupakan dikala aki kendaraan beroda empat sudah diganti gres tetapi keesokan harinya aki sudah tidak lagi besar lengan berkuasa dipakai untuk menstarter mesin mobil. Padahal, aki kendaraan beroda empat tersebut baru, sudah di charge, dan seluruh elemen kelistrikan di kendaraan beroda empat sudah dalam posisi OFF / mati sebelum ditinggalkan.
Kondisi yang seumpama diatas mengindikasikan bahwa sudah terjadi kebocoran arus listrik dalam sirkuit kelistrikan di kendaraan beroda empat sehingga arus listrik yang tersimpan di aki terus menerus terbuang dan keluar dengan percuma. Arus yang bocor ini memicu aki kendaraan beroda empat menjadi cepat tekor dan soak.
Nah, untuk mengenali duduk problem kebocoran arus aki ini, ada dua macam metode pengecekan yang bisa dijalankan yakni :
- I. Pengecekan kebocoran arus aki kendaraan beroda empat (parasitic load)
- II. Pengecekan kebocoran pelepasan tegangan permukaan (surface discharge)
Perhatikan tindakan dibawah berikut yang mau berbincang cara cek kebocoran arus listrik aki kendaraan beroda empat
I. Pengecekan kebocoran arus aki kendaraan beroda empat (parasitic load)
Kebocoran arus aki kendaraan beroda empat ini kerap disebut selaku parasitic load atau beban parasit. Beban benalu lazimnya tercipta akhir adanya perangkat elektrik di kendaraan beroda empat yang terus mengalirkan arus listrik walaupun kunci kontak sudah dalam posisi OFF.
Berikut merupakan tindakan cara mengevaluasi kebocoran arus aki kendaraan beroda empat (parasitic load)
- Siapkan multimeter digital dan set pada posisi DC amper
- Putar kunci kontak ke posisi LOCK atau OFF
- Matikan seluruh perangkat kelistrikan di kendaraan beroda empat seumpama AC, lampu-lampu, dan tutup seluruh pintu rapat-rapat (untuk keamanan, buka beling jendela untuk menangkal pintu terkunci sendiri dikala pemeriksaan)
- Lepas kabel terminal negatif aki
- Hubungkan kabel nyata multimeter ke kepala terminal negatif aki
- Hubungkan kabel negatif multimeter ke kabel terminal negatif aki seumpama terlihat pada gambar dibawah ini
- Baca nilai arus listrik yang mengalir dan amati kondisinya pada tabel dibawah berikut ini
Hasil pengukuran | Kondisi aki |
---|---|
0.02 - 0.07 Ampere | Normal |
> 0.1 Ampere | Terjadi kebocoran arus |
Catatan:
Tunggulah 2-3 menit sehabis melepas terminal negatif aki untuk menentukan seluruh elemen kelistrikan dimobil sudah sungguh-sungguh off sebelum kita melakukan pengukuran beban parasit.
Baca juga :
- 6 Penyebab aki kendaraan beroda empat tekor dan soak
- Penyebab aki kendaraan beroda empat tidak mengisi
- Alat-alat ukur aki kendaraan beroda empat yang sering digunakan
II. Pengecekan kebocoran pelepasan tegangan permukaan (surface discharge)
Surface discharge atau kebocoran pelepasan tegangan permukaan terjadi akhir adanya anutan listrik dalam jumlah kecil yang mengalir diantara kedua kepala terminal aki (positif dan negatif) lewat permukaan kotak aki. Umumnya, surface discharge terjadi akhir kepala aki dalam keadaan sedikit lembab, basah, dan kotor (banyak kerak atau debu).
Berikut merupakan tindakan pengecekan surface discharge
- Putar kunci kontak ke posisi OFF, matikan lampu-lampu, AC, dan tutup semua pintu mobil
- Siapkan multimeter digital dan set pada posisi DC volt
- Hubungkan kabel negatif multimeter dengan kepala terminal negatif aki
- Hubungkan kabel nyata multimeter dengan permukaan atas boks aki seumpama terlihat pada gambar dibawah ini
- Baca nilai tegangan listrik yang mengalir. Jika tegangan yang mengalir lebih dari 0.5 volt, lakukan pencucian permukaan boks aki utamanya pada cuilan seputar kepala terminal aki dan keringkan.
EmoticonEmoticon