3 Cara Membersihkan Injektor Kendaraan Beroda Empat Yang Biasa Dilakukan - Jika mengatakan mengenai injektor mobil, pastinya kita akan teringat pada suatu komponen yang berfungsi untuk merubah materi bakar berupa cair menjadi kabut dan menyemprotkannya ke dalam ruang bakar.
Ya, injektor memiliki tugas penting biar materi bakar yang diinjeksikan ke dalam mesin sudah dalam bentuk kabut dan uap materi bakar. Dengan begitu, mesin dapat meraih apa yang dinamakan "pembakaran sempurna" sehingga tenaga mesin dapat diraih secara maksimal.
Dari apa yang sudah ombro ketahui, setidaknya ada 3 cara untuk membersihkan injektor mobil, dari yang termudah tanpa membongkar injektor sampai kewajiban untuk melepas injektor dari mesin di saat pencucian dilakukan.
Dibawah berikut ini merupakan 3 cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang biasa dijalankan di bengkel mobil...
Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat pertama dan yang paling banyak dijalankan merupakan dengan mencampurkan cairan pembersih injektor ke dalam tangki materi bakar. Cara ini sangatlah gampang alasannya kita tidak perlu melakukan pembongkaran injektor yang memang memerlukan keterampilan mekanik, ketelitian, serta kehati-hatian.
Cukup dengan mencampurkan cairan pembersih injektor dalam jumlah perbandingan tertentu ke dalam tangki materi bakar maka cairan pembersih akan larut ke dalam materi bakar tersebut.
Bersama materi bakar, cairan pembersih akan mengalir menuju ke injektor untuk membersihkan kepingan dalam injektornya. Disaat yang sama, kendaraan beroda empat dapat digunakan dan dikendarai untuk kebutuhan harian.
Meskipun cara ini terbilang yang paling mudah, tetapi cara ini memiliki pengaruh pencucian yang kurang optimal bagi injektor. Hal ini dikarenakan cairan pembersih sudah tercemar dengan kotoran dari tangki materi bakar, filter materi bakar, sampai pipa dan selang materi bakar yang menuju ke injektor.
Efeknya pastinya tidak akan semaksimal menyerupai cara membersihkan injektor yang injektornya di bongkar dari mesin. Selain itu, kotoran yang ada di dalam injektor dan materi bakar, pada balasannya juga akan "nyangkut" di dalam ruang bakar sehingga potensial menjadi deposit yang membuat mesin kendaraan beroda empat ngelitik.
Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang kedua merupakan dengan memakai alat khusus pembersih injektor. Alat khusus ini lazimnya cuma dimiliki oleh bengkel-bengkel kendaraan beroda empat yang memiliki grade menengah keatas menyerupai bengkel-bengkel resmi di kota-kota besar ataupun bengkel lazim yang khusus mengatasi duduk kendala injektor mobil.
Membersihkan injektor dengan memakai alat khusus pembersih injektor ini mengharuskan injektor di bongkar dan di keluarkan dari mesin. Setelah injektor di lepas dari mesin, injektor akan di rendam dalam cairan khusus pembersih dalam suatu wadah yang mau bergetar dengan getaran ultrasonic.
Getaran ultrasonic ini akan menghasilkan cairan pembersih lebih gampang untuk merontokkan kotoran di dalam injektor . Setelah di rendam dan digetarkan, berikutnya injektor akan dipasang pada tabung-tabung beling biar hasil penyemprotan dan pengabutan dapat dinilai menurut voluma materi bakar berbading dengan waktu injeksi yang dijalankan alat tersebut.
Jika hasilnya bagus, maka injektor siap dipasang kembali ke mesin, jikalau hasilnya masih kurang , maka injektor akan kembali direndam dan dibersihkan kembali.
Untuk hasilnya, cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat dengan cara menyerupai ini merupakan yang paling anggun dari ke dua cara lainnya. Injektor dapat lebih higienis dan keakuratan volume injeksinya pun dapat diukur dengan benar, tetapi alat pembersih injektor yang menyerupai ini mencakup mahal sehingga ongkos untuk pengolahan membersihkan injektor juga akan mahal.
Baca juga :
Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang terakhri lazim dijalankan merupakan dengan menyemprotkan cairan pembersih (injektor cleaner) eksklusif ke dalam lubang injektornya. Cara ini juga mengharuskan injektor dilepas secara total dari mesin sehingga diperlukan tenaga mekanik yang terliti dan paham bagaimana cara buka injektor yang benar.
Pada dasarnya, cara ini menyerupai mirip dengan cara memakai alat pembersih injektor, tetapi cara pengerjaannya manual dan lazimnya tidak lewat proses perendaman ke dalam cairan pembersih apalagi dahulu.
Injektor yang sudah dilepas dari mesin akan dipasangkan dengan suatu kabel. Kabel ini nantinya akan dihubungkan ke aki kendaraan beroda empat untuk mengaktifkan injektor biar terbuka atau tertutup.
Dibagian injektor wilayah materi bakar masuk, dipasangkan semprotan injektor cleaner. Makara di saat injektor di aktifkan, semprotan ini di fungsikan sehingga cairan pembersih akan mengalir dan membersihkan segi kepingan dalam dari injektor.
Proses pencucian dianggap selesai jikalau hasil semprotan yang keluar dari injektor sudah berupa spray kabut dan mengalir dengan tanpa kendala (tidak mampet atau semprotannya mengecil).
Untuk hasilnya, cara menyerupai ini dapat sama dengan yang memakai alat pembersih injektor, tetapi resiko injektor rusak akhir terlalu usang dalam posisi ON (terbuka) juga perlu diperhitungkan mengingat harga injektor yang cukup mahal. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Ya, injektor memiliki tugas penting biar materi bakar yang diinjeksikan ke dalam mesin sudah dalam bentuk kabut dan uap materi bakar. Dengan begitu, mesin dapat meraih apa yang dinamakan "pembakaran sempurna" sehingga tenaga mesin dapat diraih secara maksimal.
Jika injektor bermasalah, mesin juga akan mengalami beberapa duduk kendala sehingga tidak tenteram digunakan menyerupai misalnya brebet, pincang, kurang tenaga, rpm tidak stabil di saat idling , dan lain-lain. Dalam hal ini, pencucian injektor lazimnya menjadi salah satu opsi perbaikan yang mau timbul untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.
Dari apa yang sudah ombro ketahui, setidaknya ada 3 cara untuk membersihkan injektor mobil, dari yang termudah tanpa membongkar injektor sampai kewajiban untuk melepas injektor dari mesin di saat pencucian dilakukan.
Dibawah berikut ini merupakan 3 cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang biasa dijalankan di bengkel mobil...
1. Mencampurkan cairan pembersih ke dalam tangki materi bakar
Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat pertama dan yang paling banyak dijalankan merupakan dengan mencampurkan cairan pembersih injektor ke dalam tangki materi bakar. Cara ini sangatlah gampang alasannya kita tidak perlu melakukan pembongkaran injektor yang memang memerlukan keterampilan mekanik, ketelitian, serta kehati-hatian.
Cukup dengan mencampurkan cairan pembersih injektor dalam jumlah perbandingan tertentu ke dalam tangki materi bakar maka cairan pembersih akan larut ke dalam materi bakar tersebut.
Bersama materi bakar, cairan pembersih akan mengalir menuju ke injektor untuk membersihkan kepingan dalam injektornya. Disaat yang sama, kendaraan beroda empat dapat digunakan dan dikendarai untuk kebutuhan harian.
Meskipun cara ini terbilang yang paling mudah, tetapi cara ini memiliki pengaruh pencucian yang kurang optimal bagi injektor. Hal ini dikarenakan cairan pembersih sudah tercemar dengan kotoran dari tangki materi bakar, filter materi bakar, sampai pipa dan selang materi bakar yang menuju ke injektor.
Efeknya pastinya tidak akan semaksimal menyerupai cara membersihkan injektor yang injektornya di bongkar dari mesin. Selain itu, kotoran yang ada di dalam injektor dan materi bakar, pada balasannya juga akan "nyangkut" di dalam ruang bakar sehingga potensial menjadi deposit yang membuat mesin kendaraan beroda empat ngelitik.
2. Menggunakan alat khusus pembersih injektor
Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang kedua merupakan dengan memakai alat khusus pembersih injektor. Alat khusus ini lazimnya cuma dimiliki oleh bengkel-bengkel kendaraan beroda empat yang memiliki grade menengah keatas menyerupai bengkel-bengkel resmi di kota-kota besar ataupun bengkel lazim yang khusus mengatasi duduk kendala injektor mobil.
Membersihkan injektor dengan memakai alat khusus pembersih injektor ini mengharuskan injektor di bongkar dan di keluarkan dari mesin. Setelah injektor di lepas dari mesin, injektor akan di rendam dalam cairan khusus pembersih dalam suatu wadah yang mau bergetar dengan getaran ultrasonic.
Getaran ultrasonic ini akan menghasilkan cairan pembersih lebih gampang untuk merontokkan kotoran di dalam injektor . Setelah di rendam dan digetarkan, berikutnya injektor akan dipasang pada tabung-tabung beling biar hasil penyemprotan dan pengabutan dapat dinilai menurut voluma materi bakar berbading dengan waktu injeksi yang dijalankan alat tersebut.
Jika hasilnya bagus, maka injektor siap dipasang kembali ke mesin, jikalau hasilnya masih kurang , maka injektor akan kembali direndam dan dibersihkan kembali.
Untuk hasilnya, cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat dengan cara menyerupai ini merupakan yang paling anggun dari ke dua cara lainnya. Injektor dapat lebih higienis dan keakuratan volume injeksinya pun dapat diukur dengan benar, tetapi alat pembersih injektor yang menyerupai ini mencakup mahal sehingga ongkos untuk pengolahan membersihkan injektor juga akan mahal.
Baca juga :
- Penyebab mesin kendaraan beroda empat jalan pelan ndut-ndutan di rpm rendah
- Bagian-bagian msin kendaraan beroda empat yang dihentikan kena air
- Penyebab mesin kendaraan beroda empat brebet di saat digas
3. Menyemprotkan cairan pembersih eksklusif ke dalam injektor
Cara membersihkan injektor kendaraan beroda empat yang terakhri lazim dijalankan merupakan dengan menyemprotkan cairan pembersih (injektor cleaner) eksklusif ke dalam lubang injektornya. Cara ini juga mengharuskan injektor dilepas secara total dari mesin sehingga diperlukan tenaga mekanik yang terliti dan paham bagaimana cara buka injektor yang benar.
Pada dasarnya, cara ini menyerupai mirip dengan cara memakai alat pembersih injektor, tetapi cara pengerjaannya manual dan lazimnya tidak lewat proses perendaman ke dalam cairan pembersih apalagi dahulu.
Injektor yang sudah dilepas dari mesin akan dipasangkan dengan suatu kabel. Kabel ini nantinya akan dihubungkan ke aki kendaraan beroda empat untuk mengaktifkan injektor biar terbuka atau tertutup.
Dibagian injektor wilayah materi bakar masuk, dipasangkan semprotan injektor cleaner. Makara di saat injektor di aktifkan, semprotan ini di fungsikan sehingga cairan pembersih akan mengalir dan membersihkan segi kepingan dalam dari injektor.
Proses pencucian dianggap selesai jikalau hasil semprotan yang keluar dari injektor sudah berupa spray kabut dan mengalir dengan tanpa kendala (tidak mampet atau semprotannya mengecil).
Untuk hasilnya, cara menyerupai ini dapat sama dengan yang memakai alat pembersih injektor, tetapi resiko injektor rusak akhir terlalu usang dalam posisi ON (terbuka) juga perlu diperhitungkan mengingat harga injektor yang cukup mahal. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
EmoticonEmoticon