Tips Menanggulangi Rem Kendaraan Beroda Empat Suara Kletek-Kletek - Salah satu metode pada kendaraan yang cukup penting untuk senantiasa diamati yakni metode rem. Sebagai suatu sistem, rem kendaraan beroda empat juga memiliki beraneka ragam dilema menyerupai umpamanya kurang pakem, rem ngempos, rem bergetar di saat di injak, sampai rem suara kletek-kletek.
Oleh lantaran fungsi rem kendaraan beroda empat yang sungguh penting dan masuk kedalam salah satu metode keamanan dalam berkendara, maka setiap dilema yang timbul di metode rem ini mesti secepatnya diperbaiki. Sebagai umpamanya yakni hadirnya suara kletek-kletek di saat rem kendaraan beroda empat bekerja.
Lantas, bagaimana cara menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek? Berikut beberapa kiat dari ombro dalam menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek...
Salah satu penyebab rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek yakni penggunaan kampas rem yang tidak orisinil (KW). Biasanya, pada kampas rem yang tidak orisinil terdapat perbedaan pada ukuran walaupun tidak signifikan. Misalnya panjangnya kurang sedikit atau lebar ketebalan plat penahannya kurang.
Ketika terjadi perbedaan ukuran panjang kampas rem , walaupun cuma 2 mili saja, sanggup menampung celah/ gap antara kampas dengan braket kaliper rem sehingga di saat kampas rem menjepit cakram, kampas rem akan ikut kesengsem keatas.
Ketika pedal rem dilepas (tidak ditekan), maka kampas rem akan kembali turun sehingga kerap membuat suara kletek akhir kampas rem beradu dengan braket kaliper rem. Oleh lantaran itu, gunakanlah senantiasa kampas rem orisinil (OEM) untuk menyingkir dari adanya perbedaan ukuran yang sanggup membuat suara kletek di saat di rem.
Pada sebagian tipe mobil, braket kaliper rem dilengkapi dengan plat penahan kampas rem. Plat ini dipasang diantara kampas rem dan braket kaliper rem. Fungsi dari plat penahan kampas rem ini yakni untuk meminimalkan pengaruh keausan pada dudukan kampas rem akhir tumbukan dengan kampas rem di saat bekerja.
Jika keadaan plat penahan kampas rem telah aus, maka akan timbul gap antara kampas rem dan braket kaliper rem sehingga di saat rem bekerja, kampas rem kerap beradu dengan braket ini sehingga sanggup membuat suara kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek, kawan sanggup melakukan penggantian plat penahan ini dengan yang gres atau dengan menyertakan keluhan dibagian bawah plat penahan ini dengan shim.
Rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek juga kerap disebabkan oleh baut pin kaliper rem yang telah aus. Baik dari bautnya atau pada lubang baut kalipernya. Umumnya keadaan keausan ini terjadi akhir usia paakai atau akhir karet pada baut pin kaliper tidak dipasang.
Ya, pada beberapa versi kaliper rem terdapat baut pin kaliper yang penggalan ujungnya menggunakan karet selaku damper / peredam. Karet ini sanggup habis dan rusak sehingga di saat rem melakukan pekerjaan sanggup membuat suara kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek ini, maka pastikan keadaan baut pin kaliper dan dudukannya tidak oblak, atau jikalau memang ada karetnya, ganti karet pin kaliper dengan yang baru.
Baca juga :
Pemasangan bat dan komponen rem yang lain yang kurang kencang sanggup membuat rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek. Oleh lantaran itu, senantiasa pastikan kekencangan pemasangan komponen rem dan ikut mekanisme pemasangan yang benar untuk menyingkir dari hadirnya suara kletek-kletek pada rem.
Hal terkahir yang sanggup dijalankan selaku kiat untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek yakni dengan menggunakan grease khusus untuk rem. Pada sebagian tipe rem, dikehendaki pelumasan pada bagian-bagian yang bergesek menyerupai pada penggalan ujung-ujung kampas rem yang bermitra dengan plat penhan kaliper rem, atau paa penggalan baut pin kaliper rem.
Berikan grease khusus untuk rem pada bagian-bagian ini seperlunya untuk mengihindari kampas rem tercemar dengan grease yang juga sanggup membuat dilema lainnya. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
Secara umum, masalah-masalah yang timbul dari rem ini kerap terjadi akhir beberapa aspek diantaranya yakni penggunaan part yang tidak cocok aslinya, penggunaan yang terlalu ekstrim, sampai kesalahan pemasangan lantaran rem diperbaiki oleh orang yang tidak kompeten.
Oleh lantaran fungsi rem kendaraan beroda empat yang sungguh penting dan masuk kedalam salah satu metode keamanan dalam berkendara, maka setiap dilema yang timbul di metode rem ini mesti secepatnya diperbaiki. Sebagai umpamanya yakni hadirnya suara kletek-kletek di saat rem kendaraan beroda empat bekerja.
Lantas, bagaimana cara menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek? Berikut beberapa kiat dari ombro dalam menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek...
1. Selalu gunakan kampas rem orisinil (OEM)
Salah satu penyebab rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek yakni penggunaan kampas rem yang tidak orisinil (KW). Biasanya, pada kampas rem yang tidak orisinil terdapat perbedaan pada ukuran walaupun tidak signifikan. Misalnya panjangnya kurang sedikit atau lebar ketebalan plat penahannya kurang.
Ketika terjadi perbedaan ukuran panjang kampas rem , walaupun cuma 2 mili saja, sanggup menampung celah/ gap antara kampas dengan braket kaliper rem sehingga di saat kampas rem menjepit cakram, kampas rem akan ikut kesengsem keatas.
Ketika pedal rem dilepas (tidak ditekan), maka kampas rem akan kembali turun sehingga kerap membuat suara kletek akhir kampas rem beradu dengan braket kaliper rem. Oleh lantaran itu, gunakanlah senantiasa kampas rem orisinil (OEM) untuk menyingkir dari adanya perbedaan ukuran yang sanggup membuat suara kletek di saat di rem.
2. Pastikan keadaan plat penahan kampas rem bagus
Pada sebagian tipe mobil, braket kaliper rem dilengkapi dengan plat penahan kampas rem. Plat ini dipasang diantara kampas rem dan braket kaliper rem. Fungsi dari plat penahan kampas rem ini yakni untuk meminimalkan pengaruh keausan pada dudukan kampas rem akhir tumbukan dengan kampas rem di saat bekerja.
Jika keadaan plat penahan kampas rem telah aus, maka akan timbul gap antara kampas rem dan braket kaliper rem sehingga di saat rem bekerja, kampas rem kerap beradu dengan braket ini sehingga sanggup membuat suara kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek, kawan sanggup melakukan penggantian plat penahan ini dengan yang gres atau dengan menyertakan keluhan dibagian bawah plat penahan ini dengan shim.
3. Pastikan keadaan baut pin kaliper rem tidak oblak
Rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek juga kerap disebabkan oleh baut pin kaliper rem yang telah aus. Baik dari bautnya atau pada lubang baut kalipernya. Umumnya keadaan keausan ini terjadi akhir usia paakai atau akhir karet pada baut pin kaliper tidak dipasang.
Ya, pada beberapa versi kaliper rem terdapat baut pin kaliper yang penggalan ujungnya menggunakan karet selaku damper / peredam. Karet ini sanggup habis dan rusak sehingga di saat rem melakukan pekerjaan sanggup membuat suara kletek-kletek.
Untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek ini, maka pastikan keadaan baut pin kaliper dan dudukannya tidak oblak, atau jikalau memang ada karetnya, ganti karet pin kaliper dengan yang baru.
Baca juga :
- Inilah 4 penyebab rem kendaraan beroda empat bunyi
- Penyebab kopling kendaraan beroda empat suara di saat diinjak dan cara mengatasinya
- Penyebab tarikan kendaraan beroda empat terasa berat
4. Pastikan baut dan pemasangan komponen rem yang lain telah kencang
Pemasangan bat dan komponen rem yang lain yang kurang kencang sanggup membuat rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek. Oleh lantaran itu, senantiasa pastikan kekencangan pemasangan komponen rem dan ikut mekanisme pemasangan yang benar untuk menyingkir dari hadirnya suara kletek-kletek pada rem.
5. Gunakan grease/gemuk khusus untuk rem
Hal terkahir yang sanggup dijalankan selaku kiat untuk menanggulangi rem kendaraan beroda empat suara kletek-kletek yakni dengan menggunakan grease khusus untuk rem. Pada sebagian tipe rem, dikehendaki pelumasan pada bagian-bagian yang bergesek menyerupai pada penggalan ujung-ujung kampas rem yang bermitra dengan plat penhan kaliper rem, atau paa penggalan baut pin kaliper rem.
Berikan grease khusus untuk rem pada bagian-bagian ini seperlunya untuk mengihindari kampas rem tercemar dengan grease yang juga sanggup membuat dilema lainnya. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/
EmoticonEmoticon