Senin, 01 Mei 2017

Cara Menyetel Rem Tangan Kendaraan Beroda Empat Dari Tromol Rem - Bagi kendaraan roda 4 seumpama mobil, eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sungguh dikehendaki bagi setiap pengemudi, baik dikala berkendara atau dikala akan meninggalkan kendaraan dalam posisi parkir.

eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sungguh dikehendaki bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem

Ya, setidaknya ada 5 fungsi rem tangan yang cukup penting bagi kendaraan beroda empat diantaranya :
  • Mencegah kendaraan beroda empat bergerak sendiri dikala parkir
  • Membantu dikala kendaraan beroda empat berhenti di lampu merah
  • Membantu dikala di jalan menanjak
  • Membantu dikala mengerjakan manuver ekstrim (drifting)
  • Membantu pengereman dikala rem utama blong

Untuk info lengkapnya mengenai fungsi rem tangan, silahkanbaca pada postingan Fungsi rem tangan yang sudah pernah ombro posting sebelumnya.

Oleh alasannya yakni begitu pentingnya fungsi rem tangan bagi kendaraan roda empat, kendaraan beroda empat khususnya, maka perawatan dan penyetelan berkala rem tangan ini sungguh perlu dijalankan secara rutin.

Nah, pada postingan kali ini, ombro akan menyebarkan info seputar cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem. Namun begitu, oleh alasannya yakni versi tromol yang dipakai tiap-tiap kendaraan beroda empat berbeda, diartikel kali ini, ombro cuma akan menawarkan info cara menyetel rem tromol versi "leading trailing" yang biasanya sudah banyak dipakai. Baca: Mengenal rem tromol mobil

Ciri kendaraan beroda empat yang memakai rem tromol kendaraan beroda empat ini yakni rem bab belakangnya cuma rem tromol (tidak ada cakramnya), selain itu, cuma memiliki satu karet epilog setelan rem yang letaknya di bab atas backing plate akrab dengan pipa rem.


Alat-alat yang dikehendaki untuk menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol
  1. Obeng min panjang
  2. Dongkrak (dongkrak versi buaya lebih disarankan)
  3. Jackstand
  4. Sleeper / Kardus untuk ngolong
  5. Pengganjal ban

Setelah alat-alat lengkap, pastikan untuk memarkir kendaraan pada posisi lantai yang rata dan tidak miring. Dibawah berikut yakni cara menyetel rem tangan dari tromol.

1. Ganjal ban depan mobil


Untuk keamanan, sebelum menyetel rem tromol kendaraan beroda empat bab belakang, langkah permulaan yang wajib dijalankan yakni ganjal ban depan dengan balok, kayu, atau kerikil yang cukup berefek untuk mengganjal.

eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sungguh dikehendaki bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem

Ganjal ban ini berfungsi untuk menangkal kendaraan beroda empat bergeser dengan sendirinya kedpean atau kebelakang dikala kita meyetel rem tromol belakang. Ganjallah roda depan di bab depan dan belakangnya.


2. Dongkrak bab belakang kendaraan beroda empat


Gunakan dongkrak untuk mengangkat bab belakang mobil. Usahakan roda belakang kendaraan beroda empat bisa terangkat ke dua-duanya dan gampang untuk diputar dengan tangan. Ada baiknya anda memakai dongkrak buaya alasannya yakni lebih gampang dan mempercepat pekerjaan.

eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sungguh dikehendaki bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem

Selain itu, pilih dongkrak yang kekuatannya bisa untuk mengangkat bab belakang kendaraan beroda empat (untuk kendaraan beroda empat mpv sedan, cukup memakai dongkrak ukuran 1-3 ton)

Untuk keselamatan selanjutnya, ganjallah bodi kendaraan beroda empat dengan jack stand. Pastikan posisi jackstand berada di rangka kendaraan beroda empat atau letakkan di bab yang berefek untuk menopang bodi belakang kendaraan beroda empat dikala diangkat. Pastikan kedudukan jack stand sungguh-sungguh berefek dan stabil sebelum menyetel rem tromol.


3. Periksa ketinggian permulaan rem tangan


Periksalah apalagi dulu ketinggian permulaan rem tangan sebelum disetel. Tarik sarat rem tangan hingga roda belakang bener-benar terkunci. Putar roda belakang dengan tangan untuk memutuskan rem tangan terkunci atau tidak.

Ketinggian rem tangan yang wajar hingga ban belakang terkunci sarat yakni jumlah klik yang terdengar dikala tuas rem tangan ditarik berjumlah 6 - 7 klik. Jika jumlah klik yang terdengar lebih dari 7 klik, maka rem tangan sudah mesti di setel ulang.


4. Posisikan ketinggian tuas rem tangan pada 6-7 klik


eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sungguh dikehendaki bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem

Untuk menyetel rem tangan, maka posisikan apalagi dulu ketinggian tuas rem tangan pada posisi 6-7 klik dari posisi permulaan tuas ditarik. Biarkan posisi tuas rem tangan tetap dalam posisi setinggi 6-7 klik tadi.


5. Buka karet epilog setelan rem


eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sungguh dikehendaki bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem

Ambil sleeper atau kardus, dan juga siapkan obeng minus panjang untuk membuka karet epilog setelan rem. Posisi karet epilog setelan rem ini biasanya terletak akrab dengan pipa rem. Congkel karet epilog setelan rem untuk membuka lubang setelen rem.


6. Setel rem tangan


Untuk menyetel rem tangan, masukkan obeng min kedalam lubang setelan rem tangan. Dari lubang ini, arahnya akan terhubung dengan baut setelan rem tangan yang jikalau diputar akan meringankan atau mengencangkan jepitan kampas rem ke tromol.

Gerakkan obeng min dengan arah mengungkit ke atas hingga terasa suara klik-klik. Lanjutkan gerakan tersebut untuk meringankan jepitan rem sambil memutar roda dengan tangan hingga roda terasa bebas berputar.

eksistensi rem tangan mempunyai fungsi penting yang sungguh dikehendaki bagi setiap pengemud Cara menyetel rem tangan kendaraan beroda empat dari tromol rem

Tujuan dari membebaskan roda apalagi dulu yakni untuk memutuskan dikala roda sudah dalam keadaan bebas dan jarak kampas rem yang hendak disetel antara kanan dan kiri bisa sama rata.

Jika roda sudah berputar bebas, maka gerakkan obeng min dengan arah sebaliknya yakni mengungkit ke bawah untuk mengencangkan jepitan rem. Sambil mengungkit obeng, cobalah putar roda dengan tangan hingga terasa seret dan rem mulai bergesek.

Putar kembali setelan rem dengan obeng min hingga roda sungguh-sungguh macet dan tidak sanggup diputar dengan tangan. Setelah roda sungguh-sungguh macet tidak sanggup diputar dengan tangan, kendurkan setelan rem sebanyak 1-2 klik.

Catatan:
Pada beberapa versi kendaraan, arah congkel baut penyetel bisa saja terbalik, jadi coba congkel bertahap hingga anda sanggup mengenali arah yang benar untuk meringankan atau mengencangkan.

Setelah selesai menyetel rem tangan, pasang kembali karet epilog setelan rem tangan untuk menangkal air atau kotoran masuk ke dalam rem tromolnya.

Lakukan cara yang serupa seumpama diatas untuk menyetel rem tromol kendaraan beroda empat pada roda belakang segi yang sebelahnya. Usahakan lakukan dengan cara yang serupa sehingga kekencangan rem tangan bisa sama rata antara kanan dan kiri.


7. Periksa ketinggian tuas rem tangan


Setelah penyetelan pada kedua roda belakang selesai, hal terakhir yang mesti dijalankan yakni menyidik ketinggian tuas rem tangan. Bebaskan/lepas rem tangan kemudian coba tarik sarat kembali.

Rem tangan yang wajar akan berbunyi 6-7 klik dikala tuas ditarik sarat keatas. Disaat yang bersamaan, roda belakang akan mengerem dan terkunci kuat. Cobalah putar roda belakang dengan tangan untuk memutuskan bahwa rem tangan sudah mengunci roda.


8. Turunkan kendaraan, tes rem tangan sekali lagi dan rapihkan alat-alat


Setelah percaya bahwa rem tangan sudah di setel dengan baik, gunakan dongkrak untuk mengeluarkan jackstand, kemudian turunkan kendaraan secara hati-hati. Rapihkan seluruh alat yang ada dan tes kembali fungsi rem tangan. Sumber https://bacabrosur.blogspot.com/


EmoticonEmoticon